Evlogia Apparel

KENALI 8 JENIS BAHAN KAOS DAN TIPS MEMILIHNYA

Date

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang wajib dipenuhi. Keberadaannya sebagai pelindung kulit dari sengatan sinar matahari membuat setiap orang perlu memperhatikan bahan-bahannya. Termasuk, saat membeli pakaian seperti kaos yang tersedia di toko. Untuk semakin mengenali jenis bahan kaos yang cocok untuk Anda, yuk simak beberapa jenis bahan kaos dan tips memilih bahan kaos yang tepat berikut ini.

Apa Itu Kaos?

apa itu kaos

Siapa sih yang tidak tahu kaos? Jenis pakaian satu ini adalah berfungsi untuk menutupi sebagian lengan, bahu, seluruh dada, hingga perut. Pada awalnya, kaos hanya memiliki model lengan pendek, namun seiring berjalannya zaman kaos semakin berkembang dengan berbagai macam bentuk seperti lengan panjang, double layerdress dan sebagainya.

Saat ini juga terdapat banyak jenis bahan kaos yang dapat kita temukan mulai dari cotton combed, viscose, bahan hyget, dan sebagainya. Selain itu, ada juga berbagai jenis bahan kaos berdasarkan bentuk kerahnya seperti kaos oblong, v-neck, kaos polo, dan lain-lain.

Kaos adalah pakaian yang bisa digunakan oleh siapapun dan juga dari kalangan apapun. Mulai dari usia bayi, balita, anak-anak, remaja hingga dewasa semua dapat mengenakan kaos. Apalagi, kini sudah memiliki model dan gaya yang bermacam-macam dan mempunyai keunikannya tersendiri.

Kenali 5 Jenis Bahan Kaos di Bawah Ini Sebelum Membelinya

jenis bahan kaos

Saat ini terdapat berbagai macam jenis bahan kaos yang tersedia di toko seperti distro atau pasar. Mulai dari jenis bahan kaos katun original atau kombinasi gabungan dengan bahan kain lainnya. Nah, di bawah ini akan dijelaskan 5 jenis bahan kaos yang paling umum digunakan sebagai bahan utama membuat kaos.

1. Cotton Combed

Jenis bahan kaos yang satu ini merupakan bahan kain yang paling banyak digunakan untuk kaos dan sering ditemukan di kaos distro. Bukan tanpa alasan, bahan Cotton Combed yang terbuat dari serat kapas yang halus memiliki hasil olahan kaos yang lembut, sehingga nyaman saat dipakai. Serat dari kapas memiliki ciri khas yang berbeda dengan bahan lainnya, seperti lebih rata dan rapi dalam proses rajutannya.

Kain katun combed dibedakan menjadi beberapa tipe, seperti 20s, 24s, 30s, dan 40s. Yang membedakan angka-angka tersebut adalah ketebalannya. Cotton Combed dengan angka yang besar, itu artinya semakin tipis. Semakin tipis, harga jual semakin tinggi. Kaos yang dijual pada boutique atau distro biasanya terbuat dari Cotton Combed 20s dan 30s, yang mana memiliki ketebalan sesuai. Pada umumnya, jenis kaos yang terbuat dari Cotton Combed lebih mudah menyerap keringat dibanding dengan bahan lainnya.

2. Polyester

Jenis bahan kaos Polyester lebih sering digunakan sebagai jersey atau pakaian olahraga. Jenis Polyester merupakan bahan yang terdiri dari serat sintetis, dihasilkan dari unsur minyak bumi. Masing-masing bahan kaos memiliki keunggulannya. Polyester memiliki nilai plus pada kekuatannya.

Bahan kaos yang terbuat dari bahan Polyester tidak mudah berkerut, tahan terhadap kuman, tahan air, dan cepat kering saat setelah dicuci. Itu lah alasan mengapa banyak jersey atlet olahraga terbuat dari jenis bahan kaos yang satu ini. Beberapa diantaranya adalah karena lebih awet dan dapat digunakan lebih lama daripada bahan yang lain.

3. Spandek

Berbeda dengan dua bahan di atas, spandek merupakan jenis bahan kaos dengan karakteristiknya yang cukup elastis. Meskipun begitu, kain yang satu ini memiliki bobot yang lebih berat dibanding dengan bahan yang lain. Ketebalan yang relatif tipis membuat harga dari kaos yang terbuat dari kaos jenis ini lebih murah dari kaos yang terbuat dari bahan lain.

Bahan spandek yang bisa meregang hingga 5 kali lipat dari ukuran normal memang sengaja diciptakan untuk menggantikan bahan karet. Dengan sifatnya yang elastis, kaos yang terbuat dari spandek memiliki keunggulan dalam memudahkan pergerakan pemakainya, tidak mudah berkerut, mudah untuk kembali pada ukuran normal setelah meregang, lembut, dan dapat mengikuti bentuk atau lekuk tubuh. Biasanya, kaos berbahan spandek lebih sering dipakai wanita.

4. Viscose

Kain Viscose lebih dikenal dengan sebutan kain rayon. Bahan yang satu ini termasuk material kaos yang memiliki tekstur hampir sama dengan Cotton Combed yang terbuat dari serat kapas. Viscose sendiri terbuat dari serat sintesa celulosa. Kain jenis ini digolongkan sebagai kain mewah, sehingga memiliki harga yang relatif tinggi di pasaran.

Sama seperti bahan-bahan lain, jenis bahan kaos Viscose juga memiliki keunggulannya, seperti lebih nyaman saat dipakai, daya serat yang lebih baik, warna yang lebih mencolok, serat yang memiliki kerapatan tinggi, serta kesan mewah untuk setiap pemakainya. Kain jenis ini jarang ditemukan di pasar bebas, karena harganya yang relatif lebih tinggi dibanding bahan lain.

5. Chief Value Cotton

Chief Value Cotton atau yang biasa disingkat CVC adalah jenis bahan kaos yang terbuat dari campuran polyester dan cotton. Tapi, unsur cotton di dalamnya lebih banyak. Dari perpaduan yang ada, dapat disimpulkan, jenis bahan yang satu ini dapat menyerap keringat, serta memiliki daya tahan yang lebih lama.

CVC memiliki kekuatan yang lebih tinggi dibanding dengan jenis kain Cotton Combed, karena terbuat dari perpaduan yang lain. Selain itu, kaos yang terbuat dari CVC tidak mudah kusut, tidak mudah luntur saat dicuci.

6. Cotton Bamboo

Cotton Bamboo adalah sejenis kain yang terbuat dari perpaduan serat katun dan serat bambu. Serat bambu memiliki beberapa keunggulan, termasuk sifat antibakteri, kemampuan menyerap keringat dengan baik, sifat anti bau, anti listrik statis, dan ramah lingkungan.

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan sangat berhati-hati dalam memilih pakaian, kain Cotton Bamboo bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda karena memiliki sifat antibakteri.

7. Cotton Carded

Cotton carded merupakan jenis bahan kaos dengan harga lebih terjangkau dibandingkan dengan cotton combed, dan memiliki kualitas yang sedikit di bawahnya.

Perbedaannya terletak pada tekstur bahan kaos yang tidak sehalus dan serata seperti katun combed, karena benang pada cotton carded mengalami proses penggarukan. Bahan katun carded umumnya digunakan untuk pembuatan kaos olahraga, kaos seragam pabrik, serta kaos oblong.

Walaupun harganya lebih terjangkau, bahan kaos cotton carded tetap memberikan kenyamanan saat digunakan.

8. Rayon

Jenis bahan kaos yang nyaman digunakan terakhir adalah rayon. Kain ini merupakan bahan sintetis yang terbuat dari serat kayu selulosa yang tinggi. Kain rayon memiliki keunikan dalam kemampuannya menyerap keringat karena bahannya yang lembut dan jatuh. Biasanya, kain rayon dipakai dalam pembuatan kaos yang sangat nyaman saat digunakan. Kualitas dari jenis kain ini dapat dikatakan sangat baik.

Tips Memilih Kaos yang Tepat

tips memilih kaos yang tepat

Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti dalam memilih bahan atau kain untuk kaos secara tepat. Terdapat faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan agar tampilan Anda saat menggunakan kaos menjadi lebih menarik, berikut ini diantaranya.

1. Jenis Bahan Kaos

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa terdapat berbagai jenis bahan kaos tersedia di pasaran. Dari beberapa jenis bahan kaos tersebut Anda dapat memilih bahan mana yang paling nyaman digunakan. Pemilihan jenis bahan kaos ini juga disesuaikan dengan kondisi cuaca di wilayah Anda tinggal.

2. Karakteristik Kain

Masih sejalan dalam memilih jenis bahan kaos, tentunya Anda juga harus mengenal karakteristik dari jenis bahan kaos yang dipilih. Karakteristik bahan yang tepat adalah tidak menimbulkan efek gerah dan gatal pada saat menggunakannya atau mampu memberikan rasa hangat kepada tubuh ketika dalam kondisi suhu dingin.

3. Warna

Pemilihan warna adalah salah satu faktor cukup penting yang bagi sebagian orang ketika menentukan bahan kaos. Pemilihan warna ini dapat Anda sesuaikan dengan tema acara atau waktu penggunaan kaos tersebut.

4. Elastisitas Kain

Ketika kaos baru pertama kali dipakai, mungkin semua aspeknya masih dalam kondisi baik khususnya tingkat elastisitasnya. Namun lama-kelamaan mungkin Anda pernah merasa bahwa kaos semakin longgar ketika dipakai berkali-kali. Maka dari itu, pilihlah jenis bahan kaos yang memiliki kelenturan yang baik. Sehingga nantinya jika kaos dipakai secara berulang dengan dibarengi perawatan yang tepat masih akan dalam kondisi bagus.

5. Harga

Tips terakhir yang tentunya harus Anda pertimbangkan adalah faktor harga. Dalam proses pembuatannya, kualitas kaos adalah kunci utama namun jangan lupakan juga harga dibalik kualitas tersebut. Kamu perlu membandingkan harga antara jenis bahan kaos satu dengan yang lainnya. Sesuaikan harga kaos dengan kualitas yang diinginkan dan budget yang dimiliki.

Saatnya Menjatuhkan Pilihan

Setelah mengetahui karakteristik setiap bahan dari kaos, kini saatnya Anda memilih kaos dengan bahan yang sesuai dengan keseharian. Jangan sampai, kaos yang Anda beli mengganggu kenyamanan, sehingga membuat rutinitas sehari-hari menjadi tidak maksimal.

Di Evlogia Apparel Anda dapat menemukan berbagai jenis bahan kaos berkualitas dan bisa Anda custom dari segi desain sablon, warna, hingga model kaos yang pastinya semakin meningkatkan penampilan. Dapatkan harga dan penawaran menarik sekarang juga!

More
articles

Scroll to Top